Minggu, 15 November 2015

contoh percakapan


CONTOH PERCAKAPAN ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI


nama anggota kelompok
ayu dia rahmadani
nida syahada
sherlianna dewi
widya jatiningsih

Suatu ketika Nida dan Ayu bertemu dijalan,Nida adalah teman lama Ayu
Ayu        :hai Nida ya, apa kabar?
Nida       :eh.. Ayu ya alhamdulilah baik kamu sendiri apa kabar?
Ayu        :alhamdulilah baik,kamu habis dari mana nid?
Nida       :habis dari toko buku nih,kamu sendiri habis dari mana yuk?
Ayu        : aku dari kosan nid,abis bertemu sama temen,eh iya aku lagi bantuin teman jualan
Nida       :bantu temen buat jualan apa yuk?
Ayu        :aku lagi bantu temen buat jualan tas nih,semacam totebag bisa dipakai buat kuliah juga buat main gitu nid,kamu mau beli gak?
Nida       :boleh,coba sisni aku liat dulu model-modelnya kaya apa
Ayu        :boleh gimana kalau kita cari tempat buat lihat-lihat modelnya jagan disini
Nida       :ya udah ayo kita cari tempat
Setelah itu Ayu dan Nida pergi bersama untuk mencari tempat ngobrol dan makan
Ayu        :aku mau pesen makanan nid,kamu mau nitip sekalian gak?
Nida       :boleh yuk samain aja ya
Ayu kemudian memesan makan dan minuman,ia lalu kembali kemeja tersebut dengan membawa makanan dan minuman yang telah dipesan
Ayu        :ini pesanan kamu,oh ya tadi kamu mau liat tas dagangan temen aku kan?
Nida       :iya yu,sini coba aku liat-liat dulu tasnya
Ayu        :iya sebentar ya nid,aku bilang widya dulu soalnya tas contohnya ada diwidya,nanti aku minta tolong dia buat datang kesini aja
Ayu menghubungi Widya setelah itu Widya datang menghampiri Nida dan Ayu
Widya   :hai Ayu
Ayu        :hai Wid ini ada temenku namanya Nida dia mau liat-liat totebag punya kamu
Widya   :hai Nida salam kenal ya,ini nid contoh totebagnya (sambil mengulurkan contoh totebagnya).Ini nid contoh totebag yang mau aku jual lumayan loh kalau buat jalan sama pergi kekampus dan kamu juga bias ganti  desain gambarnya sesuai dengan apa yang kamu mau atau pakai sketsa wajah kamu juga bisa, warnanya diganti juga bisa,bisa dicustum juga pokoknya disesuain dengan keinginan kamu deh
Nida       :oh gitu ya wid,kayaknya ada temenku yang  minat soalnya temenku ini suka koleksi totebag apa aku suruh dia kesini aja ya, kali aja dia mau pesen sekalian ngobrol langsung sama kamu
Widya   :iya boleh tuh,ajak sana kesini
Nida pun menghubungi temanya yang bernama Dewi
Nida       :Dewi sini (nida melambaikan tangan kedewi) (dewi bergegas menghampiri nida) ini temenku yang namanya dewi yang tadi aku bicarain itu
Widya   :hai Dew aku widya dan ini temenku Ayu
Dewi      :hai Widya hai Ayu
Nida       :ini loh Dew temanku yang jualan totebag nih contohnya kaya gini (sambil menunjukan kearah tas tersebut)
Dewi      :wah bagus juga ya,aku mau dong totebagnya bisa dicostum kan?
Widya   :bisa dew,kamu mau custom apa aja sesuai dengan keinginan kamu
Ayu        :iya dew pembuatanya gak lama kok sekitar  1mingguan
Dewi      :ya udah deh kalau gitu aku mau pesen satu, nanti buat custom gambar sama warna ditotebagnya aku konfirmasi lagi ya
Widya   :oke dew
Dewi      :buat harganya berapa nih?
Ayu        :kalu buat mahasiswa harganya terjangkau kok cuma  Rp 45.000 aja
Dewi      :oke deh aku pesen satu,oh ya aku balik duluan ya,soalnya masih ada jam kuliah nih
Nida       :iya Dew semangat kuliahnya ya,hati-hati dijalan
Ayu        :aku sama Widya juga mau balik nih masih ada keperluan lagi
Nida       :ya udah aku juga balik deh

Setelah pertemua itu selesai mereka meninggalkan tempat itu dan menjalankan aktivitas masing-masing,Selang beberapa jam setelah pertemuan itu,dewi mengirimkan gambar yang dia inginkan untuk totebag yang ia pesan kewidya
Seminggu kemudian widya menghubungi dewi untuk memberitahukan kalau pesananya sudah jadi
Widya   :hallo Dew,ini Widya mau ngasih tahu kalau tas pesenan kamu sudah jadi
Dewi      :oh ya udah kapan kita ketemu buat aku ngambil tasnya
Widya   :besok juga boleh gimana Dew,kamu bisa  gak?
Dewi      :baiklah besok kita ketemu ya ditempat kemaren kita ketemuan aja gimana?
Widya   :oke deh
Keesokan harinya Widya dan Dewi bertemu ditempat kemarin mereka bertemu
Widya   :hay Dew ini tasnya coba deh kamu cek dulu
Dewi      :wah ternyata bagus juga ya hasilnya.aku suka sesuai dengan keinginanku
Widya   :bagus deh kalau kamu suka
Dewi      :ini Wid uangnya (menyerahkan uang kepada widya)
Widya   :oke Dew,aku terima uangnya terimakasih ya jangan sungkan untuk pesen lagi atau kasih tahu temen-teman kamu siapa tahu ada yang mau mesen
Dewi      :oke deh Wid,nanti aku kabarin deh kalau ada yang mau mesen ke kamu
Widya   :siap makasih ya Dew
Dewi      :oke sama-sama Wid
Setelah mereka selesai ngobrol Dewi dan widya bergegas untuk meninggalkan tempat tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar