Selasa, 29 September 2015

TEORI ORGANISASI UMUM PERTEMUAN 1

TUGAS INDIVIDU TEORI ORGANISASI UMUM PER 1
1.       Menurut saudara,apa pengertian organisasi?
Jawab:
 organisasi adalah sebuah wadah yang didalamnya terdapat sekumpulan manusia yang memiliki visi misi dan tujuan yang sama,tersetruktur dan teratur dalam mencapai tujuan bersama.
2.       Tuliskan,jelaskan dan berikan contoh mengenai sebab atau alasan timbulnya kelompok!
Jawab:
Alasan keamanan, karena dengan berkelompok individu merasa lebih aman.
Contoh : misalkan kita ingin bersosialisasi tentang bahaya narkoba ke daerah terpencil,kita akan lebih aman melakukanya bersama kelompok atau organisasi dari pada sendirian.
Alasan status dan harga diri, karena setiap individu juga membutuhkan status dan memiliki harga diri dalam lingkungan masyarakatnya.
Contoh : seseorang menyatakan pendapatnya dalam suatu forum,jika idenya diterima hal itu dapat menaikkan kepercayaan dirinya dalam organisasi tersebut.
Alasan kebersamaan, karena manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang memiliki kecenderungan berinteraksi dengan manusia lainnya.
contoh : jika kita merasa sulit mengerjakan tugas sendiri  maka akan lebih mudah jika kita selesaikan bersama-sama dengan mengadakan kerja kelompok dan sebagainya.
Alasan kekuatan, karena dengan berkelompok kekuatan yang ditimbulkan untuk memperjuangkan tujuan dan kepentingan, akan lebih besar dibandingkan jika  mereka berusaha mewujudkannya secara sendiri-sendiri
contoh : jika ingin mengajukan sebuah rancangan kegiatan yang memerlukan dana,maka akan mudah diterima dan disetujui jika kegiatanya itu dilakukan oleh sebuah kelompok atau organisasi  dibandingkan individu yang mengajukannya.
Alasan pencapaian tujuan, karena setiap individu memiliki keinginan, tujuan, dan kepentingan yang menuntut pemuasan, sementara pemuasan itu tidak dapat dicapai secara individu, atau dengan kata lain, membutuhkan bantuan individu lain dan kelompok untuk mewujudkannya.
                Contoh : kita mempunyai tujuan untuk melestarikan komodo,kita akan lebih mudah melalukan pengawasan terhadap komodo jika kita bergabung dengan organisasi tersebut dibandingkan jika kita melalukan pengawasan sendiri.
3.       Jelaskan dan berikan contoh mengenai salah satu bentuk organisasi yang saudara ketahui!
Jawab:
Organisasi garis dan staf
                Organisasi garis dan staf diciptakan oleh Harrington Emerson. Ciri-cirinya :
Organisasinya besar dan bersifat kompleks
Hubungan antara atasan dan bawahan tidak bersifat langsung
Spesialisasi keahlian pekerjaan
Terdapat dua kelompok wewenang yakni wewenang lini dan wewenang staf ;
Contoh: perusahaan computer,perusahaan jasa dan barang dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar