Minggu, 02 April 2017

REVIEW CONSTRUCT 2



REVIEW CONSTRUCT 2
Construct 2 adalah produk buatan Scirra, perusahaan yang berasal dari kota London Inggris. Dengan menggunakan game engine ini, entahitu developer pemula maupun expert sangat dimanjakan dengan kemudahan pemakaian.Dengan menggunakan Construct 2, pengembang permainan dapat mempublishnya kebeberapa platform seperti
§  HTML5 website,
§  Google Chrome Webstore,
§  Facebook,
§  Phonegap (Android),
§  Windows Phone 8, bahkan Windows 8.
Untuk mempercantik game kita, disediakan pula 70 visual effect yang menggunakan engine WebGL. Construct 2 juga dilengkapi dengan 20 built-in plugin dan behaviours (perilaku objek). Kita dapat
·         Menambah sprite animasi,
·         Objekteks,
·         Mengkoneksikan ke Facebook ,
·         Menambah musik,
·         Manipulasi penyimpanan data game,
·         Penambahan efek-efek grafis layaknya Adobe Photoshop.
Kelebihan utama dari Construct 2 ini adalah selain tampilannya yang menarik, kita juga tidak perlu memiliki kemampuan coding, Karena di Construct 2 ini sudah di sediakan berbagai macam perilaku (behavior) yang nantinya bisa di terapkan ke objek di game yang kita buat, misalnya kita mau membuat benda yang jatuh, kita hanya tinggal memberikan behavior Physics ke objek tersebut, sehingga pada saat di jalankan benda itu akan memiliki perilaku seperti benda fisik. Atau misalkan kita ingin membuat mobil yang bisa bergerak, kita tinggal memberikan behavior Car ke objek mobil itu, dan ketika game di jalankan maka kita bisa menggerakan mobil tersebut.
Untuk membuat event nya pun mudah karena sudah di sediakan oleh Construct 2 itu sendiri. Event adalah tindakan yang dilakukan pada saat-saat yang di tentukan. Misalnya pada saat kita klik suatu objek, maka event yang terjadi adalah objek itu hancur. Atau saat kita mengalahkan musuh, maka tindakannya score bertambah.Selain itu masih banyak lagi fitur yang di sediakan oleh Construct 2 ini, kita hanya tinggal pakai saja.
Jika game yang kita buat sudah jadi, kita bisa publish game kita ke windows store, dan nantinya akan digunakan banyak orang,

Construct 2 ini sangat cocok digunakan untuk:
- Membuat game sendiri, untuk beginer maupun yang sudah expert
- Mudah dan cepat dalam pembuatan
- Memproduksi game berkualitas
- Mendapatkan penghasilan jika membuat game berbayar

Berikut adalah beberapa kelebihan Construct 2 :
Construct 2 memiliki tampilan yang mudah dipahami,bahkan oleh orang awam sekalipun,sehingga membuat games pun jadi lebih mudah dan cepat.
Sebagai pengganti programing/coding,di Constuct 2 disediakan yang namanya System Event. hanya butuh kemampuan logika yang kuat disini,supaya games bisa berjalan dengan baik.
Behaviours disini maksudnya fungsi bawaan yang telah disediakan oleh Construct 2,sehingga kita tidak perlu membuatnya lagi dari awal. Yang termasuk behaviour disini adalah fisika,pergerakan,platformer,dll.
Hasil karya kita langsung bisa kita lihat seketika,tanpa harus menunggu aplikasi dikompilasi atau menunggu proses lain yang memakan waktu yang lama. Cukup menekan tombol play,hasil karya langsung bisa kita coba.
Games tanpa efek visual tentu kuran menarik. Construct pun sudah menyediakan visual efek yang keren untuk membuat games menjadi lebih menarik
Karena Games yang dihasilkan Construct berbasis HTML5, maka games kita dapat dipublikasikan ke berbagai macam platform,mulai dari Chrome Web Store, Facebook, Kongregate, NewGrounds, Firefox Marketplace, Sencha Arcade. Untuk PC pun bisa,dengan hasil publikasi untuk Windows 8,Linux,Mac. Platform mobile pun juga bisa,seperti iOS,Android,Blackberry.
Construct 2 menyediakan SDK untuk membuat plugin tambahan. Bahkan kita bisa membuat visual efek sendiri jika kita mau.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar