Disusun oleh :
1D114101 AYU
DIA RAHMADANI
13114606 ERIKA
PRADITA
17114930 NIDA
SYAHHADAH
1A114225 SHERLIANNA
DEWI
1C114217 WIDYA
JATININGSIH
3KA23
SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
& TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
TAHUN
AJARAN 2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul
Trend Sistem Teknologi Informasi Masa Kini Dan Masa Depan Dalam Bidang Bisnis. Karya tulis ini disusun dalam
rangka memenuhi tugas kelompok dalam mata kuliah Peng. Teknologi Sistem Cerdas.
Atas bimbingan bapak/ibu dosen dan
saran dari teman-teman maka disusunlah makalah ini. Semoga dengan tersusunnya
makalah ini diharapkan dapat berguna bagi kami semua dalam memenuhi salah satu
syarat tugas kami di perkuliahan. Makalah ini diharapkan bisa bermanfaat dengan
efisien dalam proses perkuliahan.
Dalam menyusun makalah ini, penulis
banyak memperoleh bantuan dari berbagai pihak, maka penulis mengucapkan terima
kasih kepada pihak-pihak yang terkait. Dalam menyusun makalah ini penulis telah
berusaha dengan segenap kemampuan untuk membuat makalah yang sebaik-baiknya.
Sebagai pemula tentunya masih banyak kekurangan dan
kesalahan dalam makalah ini, oleh karenanya kami mengharapkan kritik dan saran
agar makalah ini bisa menjadi lebih baik.
Demikianlah kata pengantar makalah
dan penulis berharap semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Amin.
Depok, 16 Desember 2016
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB 1. PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
1.2.
Rumusan Masalah
1.3.
Tujuan Pembuatan Makalah
BAB II. PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Sistem,Informasi Dan Bisnis
2.2
Tujuan
Bisnis
2.3 Teknolologi Informasi Masa Kini Dalam Dunia Bisnis
2.4 Teknolologi Informasi Masa Depan Dalam Dunia Bisnis
2.5
Contoh Aplikasi Dalam Industri Makanan
BAB
III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran
Daftar
pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1
latar belakang
Sistem informasi
telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat
cepat dan terbukti sangat berperan dalam kegiatan perekonomian dan strategi
penyelenggaraan pembangunan. Keberadaan sistem informasi mendukung kinerja
peningkatan efisiensi, efektivitas dan produktivitas organisasi pemerintah dan
dunia usaha, serta mendorong pewujudan masyarakat yang maju dan
sejahtera. Dalam mendukung penyampaian suatu informasi maka
dimanfaatkanlah teknologi informasi, yang menggunakan teknologi computer
sebagai media utama dalam penyampaian informasi. Istilah ini sendiri merupakan
perkembangan dari istilah Sistem Informasi . Semakin tinggi kualitas teknologi
informasi yang digunakan maka tingkat efektfitas dan efisiensi nya semakin
baik.
Teknologi yang berkembang
tidak hanya menggerakkan dan menolong bidang pengolahan data, tetapi juga
menggerakkan pebisnis dalam menjalankan usahanya. Pengarsipan data,
penjurnalan, produktivitas dan pemasaran menjadi bagian besar dalam teknologi
saat ini. Social network menjadi
tempat penstimulus untuk menarik perhatian konsumen. Penyampaian informasi
seputar produk melalui facebook, twitter,
plurk, BBM (BlackBerry Messager) rupanya lebih berkembang cepat dibanding
pemasaran melalui koran dan pamflet. Teknologi pemasaran semacam ini jauh lebih
murah dibanding jika kita harus membuat baliho dan pamflet untuk menyebarkan
informasi produk.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apakah yang dimaksud dengan sistem,
informasi, dan bisnis ?
2. Apa sajakah tujuan dari bisnis ?
3. Teknologi informasi apa sajakah yang
digunakan pada masa kini dalam dunia bisnis ?
4. Teknologi informasi apa sajakah yang
digunakan untuk masa depan dalam dunia bisnis ?
5. Apa sajakah contoh aplikasi industri
didunia bisnis khususnya makanan ?
1.3 Tujuan Penulisan
1. Mahasiswa/i dapat memahami pengertian dan
perbedaan dari sistem, informasi, dan bisnis.
2. Mahasiswa/i dapat memahami tujuan dari
bisnis.
3. Mahasiwa/i dapat mengetahui dan memahami
teknologi informasi yang digunakan pada masa kini dalam dunia bisnis.
4. Mahasiswa/i dapat mengetahui dan memahami
teknologi informasi yang digunakan untuk masa depan dalam dunia bisnis.
5. Mahasiswa/i dapat mengetahui aplikasi yang
digunakan dalam dunia bisnis khususnya di bisnis makanan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Sistem,Informasi dan Bisnis
Sistem: kumpulan dari
elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Informasi: data yang telah diproses menjadi bentuk yang
memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat.
Secara umum sistem informasi adalah Suatu sistem terintegrasi yang mampu
menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.atau Sebuah system terintegrasi atau system
manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen
dalam suatu organisasi.Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan
perangkat lunak komputer, prosedur manual, model manajemen dan basis data.
Bisnis→berasal
dari business →busy →sibuk. “Sibuk mengerjakan
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan”. Atau “suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada
konsumen atau bisnislainnya” (ilmu ekonomi). Bisnis
dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan
institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa
untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that
produces goods and service to satisfy the needs of our society) [Huat, T
Chwee,1990].
Bisnis merupakan suatu
organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan
keuntungan [Griffin & Ebert 1996]
Bisnis adalah
kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang
(organisasi) yang menciptakan nilai (create of value) melalui penciptaan
barang dan jasa (create of goods and service) untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi. [Amirullah dan Imam Hardjanto 2005].
Dari pendapat
diatas dapat disimpulkan bahwa :
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok
orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui
penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi
Usahawan atau
pelaku bisnis harus mampu memadukan 4 macam sumber daya yaitu :
1) Sumber daya Materi
2) Sumber daya Manusia
3) Sumber daya Keuangan
4) Sumber daya Informasi
Perusahaan barsifat
dinamis mengalami kemajuan dan kemunduran pada saat bergerak melalui siklus
hidupnya. Perubahan atas kondisi ekonomi dan pasar memerlukan pemikiran kembali
atas strategi perusahaan metode dan sarana yang digunakan untuk menghadapinya.
2.2
Tujuan Bisnis
Setiap bisnis atau perusahaan
berusaha mengolah bahan untuk dijadiin produk yang dibutuhkan oleh konsumen,
produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuannya adalah unruk mendapatkan laba,
yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi
konsumen.
Peran utama Sistem informasi dalam
bisnis diantaranya:
1.
Mendukung
Operasi Bisnis
Mulai dari
akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistem informasi
menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi atau kegiatan bisnis
sehari-hari. Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi penting, maka
kemampuan sistem informasi untuk dapat mengumpulkan dan
mengintegrasikan informasi ke berbagai fungsi bisnis menjadi penting.
2.
Mendukung
Pengambilan Keputusan Managerial.
Sistem
informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankan
menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para
manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari
keputusan sebelumnya. Sistem Informasi akan membantu para manajer membuat
keputusan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih bermakna.
3.
Mendukung
Keunggulan Strategis.
Sistem
informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran strategis
perusahaan dapat menciptakan keunggulan bersaing di pasar .
2.3
Teknolologi
Informasi Masa Kini Dalam Dunia Bisnis
Seiring dengan kemajuan
teknologi, hal tersebut banyak manfaat yang sangat berguna bagi kemajuan dan
kesejahteraan kehidupan manusia. Salah satu bukti nyata tentang kemajuan
teknologi sangat terasa di bidang IT atau teknologi informasi. Berikut ini
adalah beberapa kegunaan IT dalam bidang bisnis :
1. E-Banking
Kita
liat dari susunan katanya saja, e = elektronik dan banking . Artinya sangat
luas yaitu aktivitas perbankan yang dijalankan melalui media elektronik,
seperti ATM. Internet banking juga dalam lingkup itu, hanya saja lebih khusus
dan diistilahkan internet banking. Sedangkan yang menggunakan mobile device
seperti via HP dikenal dengan m-banking yang termasuk jenis e-banking juga.
E-banking didefinisikan sebagai penghantaran otomatis jasa dan produk bank
secara langsung kepada nasabah melalui elektronik, saluran komunikasi
interaktif. E-Banking meliputi sistem yang memungkinkan nasabah bank, baik
individu ataupun bisnis, untuk mengakses rekening, melakukan transaksi bisnis,
atau mendapatkan informasi produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau
publik, termasuk internet. Nasabah dapat mengakses e-banking melalui piranti
pintar elektronik seperti komputer/PC, PDA, ATM, atau telepon.
2. E-Commerce
Perdagangan
elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce)
adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui
sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer
lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data
elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data
otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai
aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan
transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply
chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online
marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing),
pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang
atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business
lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga
pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.
Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata
atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan
bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman
barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-dagang
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali
banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu
halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik
menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang
lain pada bulan Oktober 2006, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel
di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada
tahun 2011.
3. M- Dagang
M-dagang
atau M-Commerce (Mobile-Commerce, mCommerce) adalah sistem perdagangan
elektronik (e-Commerce) dengan menggunakan peralatan portabel/mobile seperti: telepon
genggam, telepon pintar, PDA, notebook, dan lain-lain. Pada saat pengguna
komputer berpindah dari satu tempat ke tempat lain (sewaktu berada dalam mobil,
misalnya), pengguna komputer tersebut dapat melakukan transaksi jual beli
produk di Internet dengan menggunakan sistem m-dagang ini. Selain m-dagang,
istilah lain yang sering dipakai adalah m-bisnis (Mobile Business atau
m-business).
Dasarnya,
m-dagang adalah gabungan dari perdagangan elektronik (e-dagang) dengan mobile
computing. Bisa dikatakan bahwa m-dagang ini adalah e-dagang yang berada dalam
lingkungan nirkabel. Seperti halnya e-dagang pada umumnya, penggunaan m-dagang
bisa ditransaksikan melalui Internet, jaringan komunikasi pribadi, kartu
pintar, dan infrastruktur lainnya. M-dagang membuka peluang untuk memberikan
layanan baru bagi customer yang telah ada, dan untuk menarik customer baru.
4. L-dagang atau L-Commerce
5. L-dagang atau L-Commerce (Location
based-Commerce) adalah sistem perdagangan elektronik (e-Commerce) yang
menekankan pada pencarian informasi yang dihasilkan oleh peralatan GPS (Global
Positioning Systems) dan satelit. Berbeda dengan m-dagang yang lebih menekankan
pada aspek pemakaian peralatan mobile, maka L-dagang bisa menggunakan baik
peralatan mobile maupun komputer jenis desktop.
Salah
satu contoh yang sering dijumpai dalam L-dagang adalah pencarian informasi
mengenai letak restoran yang terdekat dengan tempat pengguna Internet tersebut
berada. Contoh lain dari L-dagang adalah sistem penelusuran paket pengiriman
barang yang dikirim lewat perusahaan UPS atau Federal Express di Amerika
Serikat. Namun sekarang, L-dagang juga sudah mulai dipakai untuk melihat waktu
kedatangan bis kota secara tepat di suatu halte bis tertentu, yang sangat
bermanfaat pada saat musim dingin yang mencekam tiba. Di bidang bisnis baik
perdagangan barang maupun jasa komputer peranan teknologi informasi akan sangat
penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan
menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat.
6. Sistem Informasi Manajemen
Sistem
Informasi Manajemen (Management Information System – MIS), merupakan sistem
informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak di bidang
perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, atau
perusahaan kecil. SIM dapat diterapkan pada semua tingkat atau level manajemen
yang ada yaitu manajemen tingkat atas (top management), manajemen tingkat
menengah (middle management), dan manajemen tingkat bawah (lower management). Di
perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash
register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin
tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruang kerjanya secara
cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba
rugi, inventaris, dan sebagainya.
Di
bidang perbankan, salah satu solusi sistem informasi perbankan telah
diperkenalkan oleh perusahaan besar seperti Hewlett-Packard (HP), yang bekerja
sama dengan Infosys telah memperkenalkan solusi core banking, yang disebut
Finacle kepada bank-bank di Indonesia. Finacle memberikan solusi bagi bank yang
ingin melakukan up-grade terhadap sistem yang telah mereka miliki. Dengan
menggunakan Finacle, up-grade sistem bisa dilaksanakan dengan resiko investasi
maupun kegagalan migrasi yang rendah. Ini penting bagi bank-bank agar mampu
menghadapi siklus bisnis yang selalu berubah. Dengan solusi terpadu ini –
berupa software dan hardware, jaringan, sistem integrasi, serta opsi consulting
dan outsourcing – bank juga akan memiliki nilai tambah sehingga menjadi lebih
kompetitif. Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan
strategi dunia usaha perbankan yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan
persaingan di bidang layanan terutama jasa layanan pembayaran melalui bank.
Inovasi jasa layanan perbankan yang berbasis teknologi tersebut terus
berkembang mengikuti pola kebutuhan nasabah bank. Transaksi perbankan berbasis
elektronik, termasuk internet dan menggunakan handphone merupakan bentuk
perkembangan penyedia jasa layanan bank yang memberikan peluang usaha baru bagi
bank yang berakibat pada perubahan strategi usaha perbankan, dari yang berbasis
manusia (tradisional) menjadi berbasis teknologi informasi yang lebih efisien
dan praktis bagi bank. Pada perusahaan jasa seperti perbankan komputer
digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan
sebagianya.
Komputer
juga banyak digunakan untuk proses akuntansi, melakukan analisis keuangan,
neraca, laba-rugi, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa software yang secara
khusus disediakan untuk operasi akuntansi. Di bidang perhotelan komputer
digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang telah terisi dan masih
kosong. Bahkan saat ini pada penjualan pertokoan kecil, usaha kecil dan
menengah (UKM), apotek dan bermacam-macam usaha kecil lainnya juga telah banyak
menggunakan komputer.
2.4
Teknolologi Informasi Masa Depan Dalam Dunia Bisnis
Seiring dengan perkembangan zaman
yang semakin maju maka hal tersebut mendorong ikutnya perkembangan teknologi
yang sangat pesat dan makin cangih,berikut ini adalah hal yang mungkin terjadi
di masa depan :
1. API Economy( Application Programming Interface)
API (Application Programming
Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat
digunakan oleh programmer saat membangun suatu perangkat lunak. API ini lah
yang mencoba
menjembatani program-program untuk
bisa berkomunikasi membangun fitur yang lebih kompleks. API Economy adalah
mengimplementasi teknologi API untuk meningkatkan profitabilitas bisnis
suatu perusahaan. Telah menjadi trend, perusahaan-perusahaan terkemuka
semua berjalan di ranah digital. Persaingan inovasi pun tak terelakan. Salah
satunya adalah inovasi mengekspos teknologi API. Dengannya kita dapat
menghasilkan keuntungan yang berlipat.
2. Dimensional marketing
Pemasaran telah berkembang secara
signifikan dalam setengah dekade terakhir. Evolusi pelanggan yang terhubung
secara digital adalah pemicu utamanya, yang mencerminkan perubahan dramatis
dalam dinamika hubungan transaksi. Inovasi yang sedang berkembang adalah
otomatisasi pemasaran, pengembangan konten, analisis pelanggan dan inisiatif
perdagangan.
Terdapat 4 dasar Dimensi Pemasaran
yaitu: produk, harga, promosi dan tempat.
Era modern saat ini pemasaran akan
membawa tantangan baru, ditandai dengan berkembangnya dimensi :
1) Keterlibatan
pelanggan,
2) Konektivitas,
3) Informasi
(Big Data),
4) dan
perkembangan Teknologi.
5) Humanoid ( Robot Manusia )
Perkembangan teknologi saat ini,
membuat beberapa produsen robot bisa membuat karya yang begitu mirip dengan
manusia. Bahkan tak hanya berbentuk seperti manusia, mereka juga bisa bergerak,
berbicara, dan menari. Robot-robot seperti itu biasa disebut dengan istilah
humanoid.
Berikut contoh humanoid yang ada
saat ini. :
Atlas adalah robot humanoid yang dibuat
oleh Boston Dynamics, sebuah anak perusahaan dari Alphabet (perusahaan induk
Google). Berbagai sensor yang terpasang di tubuhnya membuat robot ini tidak
akan terjatuh, walaupun berjalan di permukaan yang tidak rata atau bersalju. Atlas
bahkan bisa mempertahankan posisinya apabila didorong. Ketika terjatuh, ia pun
bisa kembali berdiri tanpa bantuan.
3. Profesi Sistem Teknologi Informasi Masa Depan
Selama beberapa dekade terakhir ini,
bidang Teknologi Informasi (TI) telah berkembang sangat pesat. Bahkan akan
terus berkembang dari hari ke hari. Demi menunjang perkembangan ini
maka setiap praktisi TI dituntut untuk bisa mengoptimalkan ilmu, skill,
waktu, tenaga, sumber daya yang ada. Maka hadirlah berbagai profesi TI di
kemudian hari.
Setidaknya yaitu ada :
a. Virtual
Reality (VR)
Developer Virtual reality adalah
sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan
lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga
pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.
Selain VR, ada juga teknologi Augmented Reality (AR). Dewasa ini, mulai dikembangkan teknologi Mixed Reality (Gabungan kedua teknologi sehingga menghasilkan tampilan Holograms) .
Selain VR, ada juga teknologi Augmented Reality (AR). Dewasa ini, mulai dikembangkan teknologi Mixed Reality (Gabungan kedua teknologi sehingga menghasilkan tampilan Holograms) .
Artificial Intelligence adalah cara
untuk membuat mesin (komputer) dapat berpikir cerdas, dalam cara yang sama
dengan manusia yang cerdas berpikir. Sebuah sistem AI memiliki kemampuan untuk
memperoleh informasi baru yang akan dikumpulkan agar sistem AI menjadi lebih
cerdas lagi .
c. IoT
Architect
Sebuah konsep dimana suatu objek
yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa
memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah
berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems
(MEMS),dan Internet.
2.5 Contoh Aplikasi Dalam Industri Makanan
Beberapa aplikasi yang sudah digunakan di berbagai restoran atau
industri makanan adalah penggunaan kartu kredit untuk melakukan pembayaran dan pemesanan
makanan dengan menggunakan aplikasi berbasis layar sentuh. Akan tetapi, ada
beberapa teknologi yang lebih canggih telah digunakan berbagai toko yang
dapat mendorong potensi berkembangnya bisnis makanan secara global. Teknologi
tersebut di antara lain :
·
Mesin
vendor makanan berbasis touchscreen
Mesin vendor seperti MooBella yang
menjual es krim dapat memproduksi berbagai variasi rasa es krim dalam waktu
yang cepat yakni sekitar 40 detik. Contoh lainnya adalah mesin Coca-Cola’s
Freestyle Soda Fountain yang dapat menghasilkan minuman dengan berbagai
rasa sesuai keinginan hanya dengan satu mesin berbasis layar sentuh. Dari segi
biaya, mesin ini memang tidak dapat dikatakan murah. Akan tetapi, kebutuhan
masyarakat yang lebih bervariasi dari waktu ke waktu dapat mendorong daya jual
produk dari mesin sehingga akan menutupi biaya pembelian mesin.
·
Pengelolaan
restoran dengan aplikasi berbasis tablet pc
Breadcrumb
merupakan suatu aplikasi yang menyediakan tampilan visual dari meja, menu
makanan dan bahan makanan yang digunakan, informasi pembayaran makanan, dan
tiket pemesanan meja yang menggunakan perangkat berupa tablet pc.
Aplikasi ini akan mengirim semua data yang dipesan pelanggan restoran langsung
ke dapur sehingga akan mempermudah pelayanan dan mempercepat produksi makanan.
Biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan aplikasi ini berkisar antara $99
hingga $399 tanpa ada tambahan untuk setiap update aplikasi.
·
Tenaga
penghasil biodiesel otomatis
Chico,
perusahaan penghasil biodiesel menciptakan sebuah prosesor BioPro
untuk menciptakan bahan bakar dengan menggunakan minyak bekas baik minyak
hewani maupun nabati. Hal ini tidak hanya mengaplikasikan konsep eco-friendly
melainkan juga mengurangi biaya untuk menggunakan peralatan masak seperti
alatpenggorengan khususnya dalam restoran siap saji. BioPro 190
merupakan prosesor yang berharga $9,995 merupakan prosesor dengan harga dan
kapasitas terendah yang dapat digunakan untuk investasi restoran.
·
LED
Alert Systems
Berbagai karyawan yang berbeda bahasa
dan kesibukan di dapur restoran dapat membingungkan karyawan dalam bekerja.
Dengan adanya Power Soak’s Silent Alert System produksi Kansas City,
Mo., karyawan dapat mengetahui waktu yang tepat untuk menggunakan beberapa
peralatan masak dengan adanya sinar yang akan menyala, misalnya sistem akan
memberitahukan karyawan untuk tugas-tugas yang didasarkan pada waktu seperti
kapan panci telah dicuci dan siap untuk digunakan kembali.
·
Pemantauan
menggunakan webcam
Vision Enabled Training,
sebuah sistem produksi Elmwood Park, dapat merekam kerja karyawan dalam
persiapan makanan dan berbagai area lain untuk mendeteksi apakah ada
pelanggaran terhadap peraturan kesehatan dan keselamatan kerja. Percobaan
terhadap sistem ini dapat dilakukan dengan menggunakan tanda pengenal karyawan
yang dilengkapi alat transmisi untuk memberitahukan sistem apakah karyawan
menggunakan sarung tangan ketika menyiapkan makanan atau tidak. Hal ini penting
bagi pihak manajemen untuk memutuskan kapan pelatihan pelayanan diperlukan.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Semakin cepatnya perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi menuntut manusia untuk mencoba membuat
perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil
maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai. Banyaknya sektor kehidupan yang
ada diharapkan membuka inovasi baru bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang
baru untuk kemajuan peradaban manusia.
Persaingan yang keras dalam dunia
bisnis tentunya sangat membutuhkan suatu perusahaan yang dapat menangani akan
hal itu diberbagai situasi yang menantang. Semua bisnis tentunya juga
membutuhkan semua informasi yang sangat aktual, cepat dan dapat dipercaya, yang
mana bisa semua permasalahan tersebut hanya bisa diselesaikan melalui Teknologi
Informasi dan Komunikasi (ICT). walaupun praktek komunikasi bisnis menggunakan
peran teknologi informasi dan komunikasi akan tetapi keberhasilan komunikasi
itu disebabkan oleh kemampuan dari individu itu sendiri.
3.2 SARAN
Untuk kemajuan teknologi komputer
maka diharapkan agar perkembangan teknologi kedepan mampu mengubah pola fikir
dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif.
Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi
manusia.
Diharapkan dengan adanya teknologi
dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas
bangsa bukannya untuk menghancurkan moral moral bangsa. Kemajuan teknologi
dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia
sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa
depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan
system komputerisasi.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar