Rabu, 03 Agustus 2016

Pengaruh Aplikasi Pelayanan data Permintaan barang Terhadap Konsumen Badan Informasi Geospacial lembaga Pemerintah Nonkementrian Indonesia





 

Ludfi Satria N  (16114146)
Ridho Berlianto (19114289)
Sherlianna Dewi (1A114225)







SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA






DAFTAR ISI


ABSTRAKSI

BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Rumusan makalah
1.3 Tujuan Penulisan

BAB II TINJAUAN TEORI
2.1. Pengertian Sistem
2.2. Pengertian Informasi Manajemen
2.3.Pengertian Sistem Informasi Manajemen (SIM)
2.2 Pengertian Hardware, Software, People, Database


BAB III PEMBAHASAN
3.1 Penempatan Hardware, Software, People, dan Database pada perusahaan

BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpun
4.2 Saran

ABSTRAKSI
Sistem Informasi Manejemen merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen Dengan demikian suatu sistem yang baik harus mampu memberikan informasi pada waktunya , dengan data-data yang akurat dan tepat dalam proses pengolahannya.
Sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur atau bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan/atau energi dan/atau barang. Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Sistem informasi manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
Badan Informasi Geospacial  (disingkat BIG), sebelumnya bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (disingkat Bakosurtanal), adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial

.kata kunci: sistem informasi manajemen, Badan Informasi Geospacial  

BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang

Badan Informasi Geospacial  (disingkat BIG), sebelumnya bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (disingkat Bakosurtanal), adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial.
Badan Informasi Geospasial (BIG) lahir untuk menggantikan Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) sebagai penuaian amanat pasal 22 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial (IG). UU ini disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia pada tanggal 15 April 2011 dan disahkan oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, pada tanggal 21 April 2011. Lahirnya BIG ditandai dengan ditandatanganinya Peraturan Presiden Nomor 94 tahun 2011 mengenai Badan Informasi Geospasial pada tanggal 27 Desember 2011.
Berdasarkan Bab XI Pasal 69 UU tentang Informasi Geospasial yang kemudian dijabarkan lebih lanjut ke dalam Ketentuan Peralihan Bab VII Pasal 40 Peraturan Presiden tentang Badan Informasi Geospasial, dinyatakan bahwa bidang tugas yang terkait dengan informasi geospasial tetap dilaksanakan oleh BAKOSURTANAL sampai dengan selesainya penataan organisasi BIG. BAKOSURTANAL wajib menyerahkan seluruh arsip dan dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan tugasnya kepada BIG dan seluruh hak dan kewajiban BAKOSURTANAL, kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundangan, beralih kepada BIG.
BIG menjadi tulang punggung dalam mewujudkan tujuan UU tentang Informasi Geospasial untuk :
  1. Menjamin ketersediaan akses terhadap informasi geospasial yang dapat dipertanggungjawabkan;
  2. Mewujudkan penyelenggaraan informasi geospasial yang berdaya guna (efisien) dan berhasil guna (efektif) melalui kerja sama, koordinasi, integrasi dan sinkronisasi; dan
  3. Mendorong penggunaan informasi geospasial dalam penyelenggaraan pemerintahan dan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.
BIG berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden dan dipimpin oleh seorang kepala. Dr. Asep Karsidi, M.Sc. saat ini menjabat sebagai Kepala BIG berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 29/M Tahun 2012. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, BIG dikoordinasikan oleh Menteri Riset dan Teknologi.
Dengan kerja keras dan dukungan seluruh pemangku kepentingan di bidang informasi geospasial, dari unsur pemerintah, akademisi, pengusaha, profesional dan segenap masyarakat, BIG siap mengemban amanah sebagai institusi terdepan dalam mengoptimalkan penyelenggaraan informasi geospasial untuk negeri.
1.2 Rumusan masalah

1.      Apa yang dimaksud dengan sistem, informasi dan sistem informasi manajemen?
2.      Siapa saja yang menggunakan Software BIG?
3.      Database BIG digunakan untuk apa?
1.3 Tujuan penulisan

1.      Untuk mengetahui apakah itu sistem, informasi dan sistem informasi manajemen

2.      Untuk mengetahui siapa saja yang dapat menggunakan Software BIG

3.      Untuk mengetahui kegunaan database BIG

BAB II TINJAUAN MATERI
2.1 PENGERTIAN SISTEM
            Sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur atau bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan/atau energi dan/atau barang.
- Komponen-Komponen Pada Sistem
Komponen atau Karakteristik sistem adalah bagian yang membentuk sebuah sistem, diantaranya:
1.      Objek, merupakan bagian, elemen atau variabel. Ia dapat berupa benda fisik, abstrak atau keduanya.

2.   Atribut, merupakan penentu kualitas atau sifat kepemilikian sistem dan objeknya.

3.   Hubungan internal, merupakan penghubungan diantara objek-objej yang terdapat dalam sebuah sistem.

4.   Lingkungan, merupakan tempat dimana sistem berada.

5.   Tujuan, Setiap sistem memiliki tujuan dan tujuan inilah yang menjadi motivasi yang mengarahkan sistem. Tanpa tujuan, sistem menjadi tidak terkendali. Tentu tujuan antara satu sistem dengan sistem yang lain berbeda.

6.   Masukan, adalah sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan untuk diproses. Masukan tersebut dapat berupa hal-hal yang tampak fisik (bahan mentah) atau yang tidak tampak (jasa).

7.   Proses, adalah bagian yang melakukan perubahan dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lebih bernilai (informasi) atau yang tidak berguna (limbah)

8.   Keluaran, adalah hasil dari proses. Pada sistem informasi berupa informasi atau laporan, dsb

9.   Batas, adalah pemisah antara sistem dan daerah luar sistem. Batas disini menentukan konfigurasi, ruang lingkup atau kemampuan sistem. Batas juga dapat diubah atau dimodifikai sehingga dapat merubah perilaku sistem.

10. Mekanisme pengendalian dan umpan balik, digunakan untuk mengendalikan masukan atau proses. Tujuannya untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.

- Klasifikasi Sistem
            Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang menurut Yogiyanto (1996:11) diantaranya adalah sebagai berikut ini:
A. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem abstrak dan sistem fisik
Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik.
B. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem alamiah dan sistem buatan manusia
Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam tidak dibuat oleh manusia. Sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancang oleh manusia
C. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem tertentu dan sistem tak tentu
Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Interaksi diantara bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti, sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan. Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.
D.  Sistem diklasifikasikan sebagai sistem tertutup dan sistem terbuka
Sistem tertutup adalah merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Secara teoritis sistem tertutup ini ada tetapi kenyataanya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup, yang ada hanyalah relatif tertutup. Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk lingkungan luar atau susbistem yang lainnya. Karena sistem ini sifatnya terbuka dan terpengaruh oleh lingkungan luarnya maka suatu sistem harus mempunyai suatu  sistem pengendalian yang baik.
2.2  PENGERTIAN INFORMASI
            Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan.
             Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi .
            Dalam beberapa hal pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa tertentu atau situasi yang telah dikumpulkan atau diterima melalui proses komunikasi, pengumpulan intelejen, ataupun didapatkan dari berita juga dinamakan informasi. Informasi yang berupa koleksi data dan fakta seringkali dinamakan informasi statistik. Dalam bidang ilmu komputer, informasi adalah data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan. Penelitian ini memfokuskan pada definisi informasi sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi dan alirannya.
2.3 PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
            Sistem informasi manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
Tujuan Umum                  
Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
            Dengan kata lain SIM adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau sub unit dibawahnya. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang terjadi di masa lalu, apa yang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan ouput dari model matematika. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
2.4 PENGERTIAN HARDWARE, SOFTWARE , BRAINWARE DAN DATABASE
Pengertian Hardware atau disebut juga Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Contoh dari Hardware adalah sebagai berikut:
1.                  Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Keyboard, Mouse, dan Joystick.
2.                  Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah Prosesor pada sebuah komputer.

3.                  Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.

§  Pengertian Software atau Perangkat Lunak adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang doformat kemudian disimpan secara digital untuk mengeksekusi suatu perintah dari user. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik

§  . Contoh dari Software adalah sebagai berikut:

gambar: LibreOffice

1.      Sistem Operasi: Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User.

2.      Software Aplikasi: Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Contohnya adalah Software paket aplikasi perkantoran seperti Libre Office dan Microsoft Office.

§  Pengertian Brainware atau Perangkat Manusia adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan

§  Pengertian Darabase

Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur, dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat menghidari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas, organisasi data, dan juga update yang rumit.

BAB III PEMBAHASAN

1. Software Yang di Gunakan Oleh BIG
           

            Program yang digunakan oleh BIG bagian Gudang yaitu Aplikasi Pelayanan data . Aplikasi yang di Gunakan Sebagai sistem  Transaksi Pemesanan barang untuk konsumen. tentu Aplikasi ini sangat memudahkan Berjalannya Transaksi Dalam Penyampaian Informasi Untuk di teruskan ke Bagian Logistik.  Sistem Yang Mengandalkan Web Browser dan Database Xampp dengan Mencantumkan Alamat Local Aplikasi Transaksi Peta.
            Gambar di atas adalah Berupa Form Login yang dapat di Gunakan Oleh User yang Berwenang saja. Dengan Mengisi Box Pengguna Sandi dan tema.


            Dalam Software ini terdapat Menu Pengolah data , Menu Ini digunakan untuk Memasukan Data Transaksi Pesanan Umum dan Pesanan Dari MGK maupun dari Sentra. Serta Memasukkan Data Penjualan Dari MGK maupun Sentra. Serta terdapat Menu Laporan yang Digunakan Untuk membuat maupun melihat laporan laporan, Baik lapoan Detail penjualan, laporan rekap Penjualan dan laporan Penjulan


Sebelum Melakukan Pengiriman Informasi Pemesanan Diwajibkan Untuk memasukan Nomor Pemesanan Unik dan Nama Konsumen serta Jenis Pesanan.
Oleh karena Itu di Aplikasi ini di sediakan Menu referensi yaitu Untuk Memasukan Data Konsumen Sebagai berikut :
Referensi Konsumen Yaitu Form Yang berisikan data data tentang konsumen Secara Lengkap.  Sehingga pesanan memiliki akurasi yang tinggi tepat pada konsumen.
Aplikasi ini menyediakan Form PEsanan yang harus di isi untuk Lanjut ke Langkah selanjutnya. Dengan mengisikan tanggal Jumlah, jumlah pesanan  Kode Produk pesanan . Form ini telah terkoneksi Oleh Database Sehingga Harga Produk akan Terpanggil Melengkapi isi form Total yang telah di akumulasi oleh jumlah produk yang di pesan.
`        



Diatas adalah View Pesanan yang telah di buat Untuk di Cetak Maupun di export. Kemudian Dilakukan Pen indakan Selalajutnya yaitu Pengiriman pada kunsumen umum maupun Sentra.
2. Hardware

                   Hardware yang digunakan oleh BIG tersebut adalah Komputer dengan spesifikasi core i5 dengan RAM 4GB  Sehingga dapat menjalankan program tersebut dengan lancar selain itu ada printer jenis laser jet khusus untuk mencetak resi yang akan di print.

3. People
             user atau karyawan sebagai orang yang menjalankan program tersebut

      customer umum/ Sentra sebagai orang yang akan menggunakan jasa perusahaan ini

4. Database
                                      Database yang digunakan pada perusahaan ini table yang berisikan nama kota, harga barang , dan biaya asuransi setiap jenis barang.

BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur atau bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan/atau energi dan/atau barang. Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Sistem informasi manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
            Softwere ini digunakan oleh user atau karyawan sebagai orang yang menjalankan program tersebut dan customer umum/ Sentra sebagai orang yang akan menggunakan jasa perusahaan ini
                                      
Database yang digunakan pada perusahaan ini table yang berisikan nama kota, harga barang , dan biaya asuransi setiap jenis barang.

4.2 Saran 
a. Tentukan tema jurnal yang akan kita buat terlebih dahulu
b. Jika ingin melalukan penelitian untuk membuat jurnal sebaiknya mencari sumber yang sesuai dengan tema yang telah kita tentukan terlebih dahulu
 c. Membuat janji terlebih dahulu untuk melakukan wawancara dan bersikaplah sopan saat melakukan wawancara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar