Minggu, 25 September 2016

tugas pertama ilmu sosial dasar


1.       Apa yang anda ketahui tentang ilmu pendidikan sosial dan ilmu sosial dasar jelaskan?
Ilmu sosial (bahasa Inggris: social science) atau ilmu pengetahuan sosial (Inggris:social studies) adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif, dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku, dan interaksi manusia pada masa kini, dan masa lalu. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum, IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.
Ilmu sosial dasar adalah ilmu pengetahuan untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia tentang masalah-masalah sosial yang terjadi pada masyarakat dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, dan teori) yang berasal dari gabungan disiplin ilmu-ilmu sosial. Ilmu-ilmu sosial tersebut adalah : sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikokologi sosial. Dengan begitu antara ilmu-ilmu sosial dan ilmu sosial dasar tidak ada perbedaan yang prinsipil.
Menurut saya ilmu pengetahuan sosial adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang sosiologi,sejarah,ekonomi,antropologi,akuntansi dan geografi , sedangkan ilmu sosial dasar adalah ilmu yang memberikan pengertian kepada masyarakat tantang suatu kejadian dalam kehidupan bersosialisasi dengan mengunakan pengertian-pengertian dari cabang ilmu pengetahuan sosial
Sumber:
 
2. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang  3 golongan pembelajaran mengenai ilmu sosial dasar?

1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Kenyataan - kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli Ilmu - Ilmu Sosial, oleh karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.

2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.

3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan, tidak mudah dalam mencari sumber masalahnya apa bila semuanya saling  keterkaitan dalam suatu masalah sosial.oleh karena itu suatu masalah harus segera diselesaikan karena apa bila kita tidak segera menyelesaikan masalah tersebut  maka akan terjadi keributan dan tersebarlah masalah tersebut ke wilayah masyarakat lain yang belum pernah menghadapi masalah seperti itu.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar