Selasa, 27 Januari 2015

PERBEDAAN PERLAKUAN DALAM STRATA EKONOMI

PERBEDAAN PERLAKUAN DALAM STRATA EKONOMI

            Perbedaan perlakuan dalam strata ekonomi  mencangkup materi stratifikasi sosial yang dimana ekonomi seseorang di golongkan menjadi bermacam – macam seperti  layaknya piramida semakain kaya semakin tinggi pula kedudukannya .

Pengertian   :
Perbedaan masyarakat ke dalam kelas – kelas secara bertingkat dalam lapisan tinggi dan rendah.

Bentuk-Bentuk Stratifikasi Sosial :

Stratifikasi Ekonomi

            Jika dalam suatu masyarakat, faktor ekonomi merupakan salah satu hal yang dihargai maka memungkinkan terjadinya pelapisan atau stratifikasi sosial di bidang ekonomi. Orang-orang yang mampu memperoleh kekayaan akan menduduki lapisan atas. Istilah kaya identik dengan orang-orang yang memiliki banyak benda-benda bernilai ekonomi. Sebaliknya, mereka yang kurang atau tidak mampu akan menduduki lapisan bawah.
Pelapisan ekonomi dapat dilihat dari segi pendapatan, kekayaan dan pekerjaan. Kemampuan ekonomi yang berbeda-beda dapat menyebabkan terjadinya stratifikasi ekonomi. Orang-orang yang berpendapatan sangat kecil dan tidak memiliki harta benda akan menduduki lapsian bawah. Lapisan atas, misalnya konglomerat, pengusaha besar, pejabat dan pekerja profesional yang berpenghasilan tinggi. Lapisan bawah, misalnya gelandangan, pemulung, buruh tani dan orang-orang miskin lainnya.
Suatu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa stratifikasi sosial dalam bidang ekonomi ini bersifat terbuka, jadi perpindahan antar kelas dapat terjadi secara bebas sesuai dengan kemampuan seseorang. Seseorang dari golongan pekerja kasar, yang karena keuletannya berhasil mengumpulkan harta kekayaan, secara ekonomis telah merubah statusnya menjadi kelas yang lebih tinggi. Akan tetapi dari sisi perilaku dan kebiasaan, dia tampak tertinggal untuk mengimbangi anggota kelas atas.
Berikut pendapat para ahli mengenai stratifikasi ekonomi:

1). Aristoteles
Membagi masyarakat secara ekonomi menjadi kelas atau golongan:
- Golongan sangat kaya;
- Golongan kaya dan;
- Golongan miskin.

Golongan pertama : merupakan kelompok terkecil dalam masyarakat. Mereka terdiri dari pengusaha, tuan tanah dan bangsawan.
Golongan kedua : merupakan golongan yang cukup banyak terdapat di dalam masyarakat. Mereka terdiri dari para pedagang, dan lain-lain.
Golongan ketiga : merupakan golongan terbanyak dalam masyarakat. Mereka kebanyakan rakyat biasa.

2) Karl Marx juga membagi masyarakat menjadi dua golongan, yakni:
a. Golongan kapitalis atau borjuis : adalah mereka yang menguasai tanah dan alat produksi.
b. Golongan proletar : adalah mereka yang tidak memiliki tanah dan alat produksi. Termasuk

3) Pada masyarakat Amerika Serikat, pelapisan masyarakat dibagi menjadi enam kelas yakni:
a. Kelas sosial atas lapisan atas ( Upper-upper class)
b. Kelas sosial atas lapisan bawah ( Lower-upper class)
c. Kelas sosial menengah lapisan atas ( Upper-middle class)
d. Kelas sosial menengah lapisan bawah ( Lower-middle class)
e. Kelas sosial bawah lapisan atas ( Upper lower class)
f. Kelas sosial lapisan sosial bawah-lapisan bawah ( Lower-lower class)

Kelas sosial pertama : keluarga-keluarga yang telah lama kaya.
Kelas sosial kedua : belum lama menjadi kaya
Kelas sosial ketiga : pengusaha, kaum profesional
Kelas sosial keempat : pegawai pemerintah, kaum semi profesional, supervisor, pengrajin terkemuka
Kelas sosial kelima : pekerja tetap (golongan pekerja)
Kelas sosial keenam : para pekerja tidak tetap, pengangguran, buruh musiman, orang bergantung pada tunjangan.
Kesimpulannya adalah  : faktor ekonomi merupakan salah satu hal yang dihargai maka memungkinkan terjadinya pelapisan atau stratifikasi sosial di bidang ekonomi. Berdasarkan kreteria ekonomi :

·         - Lapisan pertama : kaum elit desa yang memiliki mobil mewah , rumah mewah harta melimpah dan mungkin bisa turun temurun. Biasanya lapisan ini di duduki oleh pengusaha sukses.

·      -    lapisan kedua  : terdiri dari orang yang memiliki mobil , rumah sedang , harta berkecukupan. Biasanya lapisan ini diduduki oleh artis atau pegawai kantor.

·      -    Lapisan ketiga : orang yang tidak memiliki rumah kumuh , harta pas pasan . Biasanya lapisan ini diduduki oleh pengemis atau pemulung.




Perlakuan di masyarakat :
            Dari pengertian di atas kita mempunyai gambaran bagaimana Perbedaan perlakuan dalam strata ekonomi  di dalam masyarakat, Coba kita lihat di perkotaan orang – orang yang mempunyai harta akan beda dengan orang miskin dilihat dari cara berpakaian juga dapat dilihat dari tempat tinggal mereka , biasanya masyarakat yang mempunyai harta yang banyak mereka akan memilih membangun rumah di tempat kawasan elit sedangkan masyarakat yg miskin biasanya tinggal di tempat yang kumuh .
            Contoh kecil jika di rumah sakit orang kaya akan lebih di utamakan dari orng miskin karena di takutkan orang yang miskin ini tidak mampu membayar biaya rumah sakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar