Selasa, 27 Januari 2015

Perbedaan Perlakuan dalam Strata Jabatan


Sama halnya dengan mereka yang kaya, biasanya senantiasa menempati jabatan - jabatan yang penting. Dalam hal ini meliputi juga sisi pendidikan karena pendidikan dan pekerjaan seseorang pada zaman sekarang sangat mempengaruhi status yang ia duduki. Pekerjaan disamping sebagai sarana dalam menghasilkan pendapatan juga merupakan status yang mengandung didalamnya prestise (penghargaan). Jenis pekerjaan akan menentukan penghasilan seseorang dan juga penghargaan masyarakat akan seseorang yang memiliki pekerjaan.
Mereka yang memiliki jabatan tinggi memiliki kekeuasaan untuk mempengaruhi perilaku seseorang maupun kelompok agar berprilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki. Ukuran kekuasaan akan terkait dengan besar kecilnya dan luas sempitnya pengaruh yang dimiliki seseorang dalam masyarakat. Semakin luas tinggi pengaruh yang dimiliki oleh seseorang semakin tinggi stratifikasi yang dimilikinya. semakin rendah dan sempit dan bahkan tidak memiliki pengaruh keberadaan sesorang dalam masyarakat semakin rendah stratifikasi sosial nya.

Jabatan yang tinggi seringkali memiliki tugas yang penting dan tanggung jawab yang tinggi. Mereka yang memiliki jabatan tinggi biasanya mempuyai waktu yang banyak saat dilapangan dibandingkan waktu untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga. sedangkan mereka yang memiliki jabatan yang rendah biasanya mempunyai waktu luang yang cukup banyak.

Dengan jabatan seseorang bisa mendapatkan penghormatan yang ia duduki. Selain kedudukan dan peran. Status menunjukkan tempat atau posisi seseorang dalam masyarakat, sedangkan peran menunjukan aspek dinamis dari status, hal ini merupakan suatu tingkah laku yang diharapkan dari seorang individu tertentu yang menduduki status tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar